Jumat, 09 Desember 2011

Nyontek? No!

Posted by Salsabila Tantri Ayu at 03.43
Reactions: 

This is my statement. Gue sering denger kata, “Masih jaman belajar?” gue pengen ngebalas kata-kata itu dengan kata, “Masih jaman nyontek?” atau “Masih jaman gak belajar? Gede mau jadi apa?” tapi yaah. Pasti bakalan dibilang sok pinterlah, inilah, itulah. Biasaaa manusia itu dikit-dikit judge.
                Seumur-umur gue gak pernah nyontek ke buku atau gak ke hadphone pas lagi ulangan. Bangga? Bangga dong J harus itu, remaja + jujur + imannya kuat = jaraaaaaaaaaaaaaang banget. Yang mereka pikirin cuma gimana caranya dapet nilai bagus tanpa belajar yah begitulah. Terserah buat yang baca postingan gue, mau nganggep gue sok apa, gue sadar gue gak mungkin bisa jadi orang yang disukain sama semua orang. Jangankan gue MARIO TEGUH aja, sosok motivator terkenal ada yang gak suka, apalagi gue? Anak kecil, gak punya pangkat atau kedudukan.
                Hmmmm, gue emang dibilang pelit–pelit jawaban tepatnya. Terus sok pinter, terus egois. Justru menurut gue yang egois bukan gue loh yaaa, sekarang mikir deh. Misalnya kita udah belajar capek-capek ya kaaan? Terus tiba-tiba temen nyontek, emang mereka gak tau kita udah ‘study hard’ mereka nyontek. Mereka mikirin mereka dapet nilai bagus, tanpa mikirin orang yang udah belajar. Tambah nyesek ketika, temen gue yang gak belajar dan mereka nyontek ke buku justru dapet nilai yang lebih bagus daripada orang yang belajar. Tapi, Allah maha adil.
                Gue baca di buku BP (soalnya besok gue ulangan BP), sebenernya kita belajar bukan buat diri kita sendiri, tapi untuk beribadah sama Allah. Seorang siswa yang belajar bukan untuk beribadah akan melakukan apa saja untuk mendapatkan nilai yang bagus. Tapi kalau siswa yang belajar karna allah dia pasti menggunakan cara yang baik. Pilih mana? Dapet pahala karena belajar? Atau justru dosa. Gue yakin pasti milih pahala, tapi, enggak semuanya beneran dilakuin.
*****
                Ayah sama Mama gue ngelarang keras nyontek. Gue pernah bilang ke ayah,“Yah, masa temen ayu (nama panggilan gue) pinter-pinter tapi nyontek. Nah, ayu yang belajar nilainya lebih rendah dari pada dia.”  Then, my dad answer,”Kalau misalnya pinter karna nyontek, namanya bukan pinter. Semua orang akan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya di akhirat. Kalau kamu nyontek, apa yang membedakan kamu dengan orang-orang biasa? Kalau mau jadi orang pintar, jadilah orang pintar yang jujur. Di dunia banyak orang pinter, tapi orang jujur?” gue hanya ngangguk.
                Kadang gue suka kesel sama siswa yang bisanya Cuma ngomong anti korupsi lah, apa lah, tapi, mereka nggak mikir apa dirinya udah baik? Menurut kalian korupsi itu perbuatan terlarang bukan? Kebohongan bukan? Dan nyontek? Perbuatan terlarang dan kebohongan bukan? Mereka sama-___-Cuma aja kalau korupsi dilakuin sama pejabat, kalo nyontek sama siswa. Kalau korupsi merugikan siapa? Rakyat kan? Kalau nyontek merugikan siapa? Merugikan orang yang udah bekajar di dalam satu sekolah itu.
                Mereka bilang pemerintah korupsi lah, ini lah, itu lah. Bla bla bla. Tapi, yaaah begitulaaah. Mungkin postingan gue, kalian aggap sampah, tapi, ini gue, terseraaaah. Gue mau jadi orang yang berani–berani jujur. Bukan berani untuk bertengkar.
                Yang gue bingung, kok ada yah, guru yang nyuruh muridnya nyontek? Pasti tiap sekolah ada guru macam itu. Seandainya gue punya saudara, menteri pendidikan. Gue bantai semua guru yang begitu. Sayangnya, nggak seperti itu. Kayaknya postingan gue segini aja deh, daripada nanti gue dikatain sok lagi, mending udahan aja yaaaJ
Thanks for readingJ

19 comments:

Ivanwest mengatakan...

jujur amat y...ckckck i like it

kevin alexandro massie mengatakan...

setuju..
Nnyontek sudah bukan pelanggaran lg, tp sudah jadi tradisi org indonesia..
Hal2 besar dimulai dari hal2 kecil..
Wktu sekolah tukang nyontek, stlah besar jadi koruptor..

Mau harapkan pemerintah/mentri pendidikan.'? Kayaknya sama aja degh..
Gak ada gunanya.
Gak pernah ditindak lanjuti..
Huh.!

Nabilla Ghina Zavitri mengatakan...

Kereeenn banget bisa kuat nahan godaan untuk gak nyontek. Salut.

salsabila tantri ayu mengatakan...

@ivanwest iya dong harus jujur. masih jaman ga jujur? hahaha:D eh iya makasih banyak ya udah mau baca;)
@kevin alexandro messie aku seneng banget kalo masih ada remaja jujur kaya kalian. aku berharap semoga kita bisa terus jujur. iya soalnya menteri pendidikannya juga begitu si:) makasih banyak loh yaaa:) comment kamu buat aku semangat;)
@nabilla ghina zavitri : makasih;) kamu juga gak nyontek kan? aku harap begitu
god bless you all:*

Ricky mengatakan...

aq salut sama kamu.
ini untuk orang yg suka nyontek : 1.klu misalnya gag ngerti nyontek sih juga gag apa2 asal jgn taux nyontek doank.harus tau pas nyontek,ambil kesempatan u/ mengerti.bagaimana cara mendapatkannya,hasilnya dari mana.klu misalnya pengen nyontek trs,mending gag usah sklah biaya habis ilmu gag ada.

salsabila tantri ayu mengatakan...

@ricky : makasih yaaaa:) makasih banyak pokoknya udah mau bacaa;) sip bener ituuuu:D

tari mengatakan...

^_^
makasih yaaa, atas tulisannyaaa. bagus bangeet. :)
aku tuh sebenernya nggak pengen nyonteek. tapi aku tuh mls bgt bljaar. bljrnya pas mau ujian aja. alhasil nilai q g prnh ad yg dpt spluuh. jaraang bgt dapat nilai sepuluh. tiap ulgn psti ad nyntknya walau dikiit. gmna dund supaya aku bisa jadi rajiiin bgt bljrnya? :(

Anonim mengatakan...

setuju banget sama isi blog kamu. Kalau kita kebiasaan nyontek, biasanya itu bakal berimbas sama kehidupan kita selanjutnya. Kenapa?. Karena biasanya orang yang ngeliat contekan itu, hidupnya udah terdikte, dan gak bisa ngambil kesimpulan sendiri. Dan, biasanya otaknya kosong. Kalau orang yang belajar, biasanya ada yang nempel la, nah tapi kalau orang yang doyan nyontek, ditanya ini gak tau, jawab apa tadi, udah lupa juga, padahal baru aja tadi kelar ujiannya. Udah gitu, biasanya kalau ujian atau tugas atau apapun juga, merupakan hasil contekan, pasti ada rasa gak puas. Kenapa? karena itu hasil kerja orang lain, bukan hasil kerja keras kita sendiri. Misalnya itu hasil kerja kita sendiri, walaupun nilainya sedikit, ada rasa puas dalam diri kita, karena itu merupakan hasil kerja keras sendiri. Masalah orang lain yang ngejudge kita sok alim, sok tau karena keputusan yang kita ambil, biarkan aja. Toh, jalan hidup yang kita ambil bener. Seperti orangtua kamu bilang, memang susah banget nyari orang pinter tapi jujur jaman sekarang.Jadilah pribadi seperti itu, walaupun hanya beberapa orang, tapi bisa memberikan perubahan nyata dan berarti buat kehidupan banyak orang...:)

salsabila tantri ayu mengatakan...

@tari kejujuran itu segalanya cantik, aku yakin yaah orang jujur pasti akhir hidupnya happy ending. jadi mulai sekarang coba deh belajar, kalau kamu males. di kelas kamu fokusin buat belajar, di kelas itu bener-bener merhatiin guru. itu bisa, kalau misalnya kamu males belajar. kalau kamu males belajar, nanti besarnya gimana? kamu mau sukses kan? nah makanya:) makasih yacantik udah mau bacaaaa;) sukses kedepannya

salsabila tantri ayu mengatakan...

@anonim katakatanya bagus banget. kenapa kamu gakpake nama asli, bagus lhooo katakatanya;) makasih semangatnya;) sukses buat kamunya ya:) makasih banyaaaaaak

Anonim mengatakan...

sama2.... :D... isi blog kamu jga bgus banget... inspiratif.... sukses juga buat kamu...:D

salsabila tantri ayu mengatakan...

@anonim : hihi aku tersipuuuu:p thanks.

Anonim mengatakan...

semoga bukan hanya tulisan..........

Alif Shaun The Sheep mengatakan...

gua sih setuju kalo kaya gini .. soalnya , anak jaman sekarang tuh .. cuma bangga dengan nilai yang ga jelas dapet dari mana ? gua jujur malu kalo punya nilai bekas nyontek (padahal Sering) gua setuju ama lu sa ..

salsabila tantri ayu mengatakan...

@anonim : bantu mendo'akan saya agar saya bisa mempertanggungjawabkan tulisan ini. mks :)

salsabila tantri ayu mengatakan...

@alif shaun the sheep : makasih yo lif haha :D

Anonim mengatakan...

Setuju bangetan deh ya sama lu

salsabila tantri ayu mengatakan...

@anonim : makasih ;)

Mochammad fachry mengatakan...

Wih. Postingan bermanfaat:) . Ohiya. Aku juga sama kayak gitu:3

Poskan Komentar

 

Salsa's blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review